Mencari Persamaan

Pagi hari tadi sebelum pergi bekerja saya sempat sedikit termenung dan ketahuan istri saya. Istri saya bertanya, "Ada apa?" Saya bilang, "Nggak ada apa-apa." Lalu istri saya tanya lagi, "Ada apa?" Saya jawab sekenanya saja, "Mikirin umat". Setelah itu saya ngeloyor pergi mandi.
Sebelumnya, menjelang shalat subuh saya bangun dan keingetan satu ayat. Ayat ini seharusnya sering-sering dibaca oleh umat Islam. Ayat ini menyerukan persatuan. Saya lalu mencari-cari ayat itu di aplikasi Alquran di HP saya. Ketemu. Ini ayatnya:
Keluarga Imran (Āli `Imrān):103 - Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.
Setelah salat subuh saya masuk ke kamar dan masya Allah, saya mendengar pemutar murottal Alquran di kamar yang saya biarkan menyala sejak sebelum tidur tadi melantunkan ayat yang saya sebutkan tadi. Hal itu sempat membuat saya tertegun. Jadilah di beberapa kesempatan sebelum mandi pagi saya termenung-menung sendiri sebentar.
Komposisi umat Islam di Indonesia sangat majemuk: berbeda pulau, berbeda bahasa, berbeda suku, berbeda etnis, beda organisasi, beda mazhab dan beda-beda yang lainnya. Gampang sekali menemukan perbedaan di tubuh umat Islam Indonesia. Meski sama-sama Islam kadang-kadang susah akur. Ustad saja kadang dibeda-bedakan. Itu mah ustad anu, ini mah ustad anu. Ada saja alasan untuk merasa beda dan paling benar. Perbedaan adalah hal yang sangat mudah ditemukan dan paling mudah digunakan untuk mencerai-beraikan umat Islam.
Sebelum istri saya mendapati saya termenung, saya sempat bertanya dalam hati: apakah kita sudah lupa, bukannya lebih mudah mencari persamaan daripada mencari perbedaan?

May 9, 2017

Comments

Popular posts from this blog

Karya Besar Vincent van Gogh

11 Lagu Wajib Anak Tongkrongan Depan Gang Tahun 90'an

Pearl Jam Vs Nirvana ?