Kehidupan, Kematian, Kehidupan Setelah Kematian

I had a false belief
I thought I came here to stay
We're all just visiting
All just breaking like waves
- Push Me Pull Me, Pearl Jam.
Beberapa hari ini saya kepikiran beberapa hal. Tentang kehidupan, tentang kematian, dan tentang kehidupan setelah kematian.
Pertama, tentang kehidupan di dunia ini. Saya diberitahu bahwa ternyata kita memang tidak akan hidup selamanya. Faktanya, kita tidak diberitahu berapa lama lagi kita akan hidup. Sehingga berapa bagian kehidupan yang telah kita lalui atau berapa lama lagi bagian yang akan kita jalani menjadi pertanyaan yang sulit dijawab.
Untuk lebih memahami hidup, sekali-kali ajukanlah pertanyaan-pertanyaan berikut ini kepada diri kita masing-masing: mengapa kita hidup? Untuk apa kita hidup? Apa kita benar-benar hidup? Kalau tidak juga menemukan jawabanya, maka bertanyalah kepada ahlinya.
Kedua, tentang kematian. Setiap diri kita pasti akan menemuinya. Mau tidak mau, suka atau tidak suka. Kematian menjadi penanda bahwa kehidupan kita di dunia ini sudah berakhir.
Kematian adalah hal yang harus kita waspadai. Coba kita sedikit kembali kepada pertanyaan-pertanyaan tentang kehidupan yang kita ajukan sebelumnya. Temukanlah jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu sebelum datangnya kematian. Kenapa? Karena jika kematian sudah datang, boro-boro mencari jawaban, mau bertanya saja sudah tidak mungkin.
Datangnya kematian adalah pasti, tidak bisa dimajukan atau ditunda, datang kepada siapa saja yang dikehendaki, tidak memandang usia, waktu dan tempat. Dia akan datang jika sudah waktunya, pada siapa pun kapan pun dan di mana pun. Bersiaplah karena permainan bisa berakhir kapan saja.
Ketiga, kehidupan setelah kematian, kita hanya mengetahui sedikit tentang tentangnya. Saya diberitahu bahwa kehidupan setelah kematian lebih baik dari kehidupan di dunia. Uniknya adalah, sukses atau tidaknya kita di kehidupan setelah kematian ini ditentukan oleh bagaimana kita menjalani kehidupan di dunia.
Kita sekarang sedang menjalani kehidupan dunia. Harapan kita adalah kita menjalaninya dengan baik dan selalu mengingat bahwa ada kematian dan kehidupan lain setelahnya.
Further reading:
QS: Addzariat 56
QS: Al Mulk 2
QS: Al Muminun 115
QS: Al Qiyamah 36
QS: Al Ankabut 57
QS: An Nisa 78
January 10, 2017


Comments

Popular posts from this blog

Karya Besar Vincent van Gogh

11 Lagu Wajib Anak Tongkrongan Depan Gang Tahun 90'an

Pearl Jam Vs Nirvana ?