Anak Saleh Bapak Saleh

----- Robbigfirli wa liwalidayya warhamhuma kamaa robbayanii shoghiro.
Ya Allah ampunilah dosaku serta dosa kedua orang tuaku dan sayangilah mereka seperti mereka menyanyangiku sewaktu kecil.
Robbana aatina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qinaa adzabannaar. Amin.---
Sejak beberapa minggu lalu, begitu selesai salat, anak kedua saya langsung menuju ke pangkuan saya untuk merapalkan doa-doa di atas sambil mengangkat tangannya. Di awal-awal, pada saat mengucapkan "Robbighfirli.. " sering kali lanjutannya sering tertukar dengan doa duduk diantara dua sujud, "Robbighfirli warhamni" kemudian dia sadar kalau doanya keliru dan memulainya dari awal dengan doa yang benar. Dia tidak akan beranjak sebelum selesai merapalkan doa-doa di atas.
Entah jurus apa yang dipakai gurunya di sekolah, anak kedua saya yang tadinya susah sekali diajak salat ke musala sekarang dengan sukarela pergi ke musala. Bahkan dia pernah menangis karena terlewat waktu salat subuh. Saya sengaja tidak membangunkannya karena tidak tega. Dia terlihat sangat nyenyak dan karena takut terlambat, saya tinggal saja. Sekarang, saya punya trik agar tidak disalahkan. Saya angkut saja meskipun masih tidur, begitu sampai musala pasti bangun juga.
Manusia hanya diberikan kesempatan seumur hidupnya untuk beramal. Begitu umurnya habis, maka tidak ada lagi amal yang bisa dia lakukan. Kelar. Hanya ada tiga hal yang kemudian bisa diharapkan menjadi penyelamat seseorang karena pahala dari tiga hal ini terus mengalir. Ketiga hal itu adalah sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak saleh yang mendoakan kedua orang tuanya.
Besar harapan saya sebagai orang tua, anak-anak saya menjadi anak-anak saleh yang menurut Lukman, seperti dikutip teman saya Helman Taofanidalam bukunya Labbaik dalam post note-nya yang berjudul Siapkan Penyelamat Akhirat, setidaknya memenuhi lima hal: tidak menyekutukan Tuhan, menghormati orang tua, menjalankan salat, berbuat kebaikan dan menjauhi keburukan serta rendah hati. Anak-anak saleh seperti itulah yang kemudian bisa kita harapkan untuk mendoakan keselamatan kita di akhirat, selain dari sedekah jariyah dan ilmu yang bermanfaat.
Mendapati anak sudah mau ikut salat, bisa baca alfatihah dengan lancar dan bisa baca doa untuk kedua orang tua buat saya rasanya sangat menyenangkan. Memang masih jauh perjalanan untuk mendidik anak menjadi saleh. Meskipun begitu, setidaknya hal-hal kecil tadi sungguh menjadi penyemangat bagi saya untuk terus memperbaiki diri menjadi ayah yang saleh. Ingin anak saleh, ayahnya mesti saleh juga dong.

September 22, 2017

Comments

Popular posts from this blog

11 Lagu Wajib Anak Tongkrongan Depan Gang Tahun 90'an

Pearl Jam Vs Nirvana ?

Karya Besar Vincent van Gogh