Nggak Ada Loe Nggak Rame

Begini, saya mau cerita sedikit, tadi siang atau siang tadi menjelang duhur istri saya dan saya ceritanya mau berangkat belanja membeli beberapa barang kebutuhan yang sudah habis. Karena waktu sudah menjelang salat duhur, istri saya bertanya nanti salat duhur di mana. Saya spontan jawab, salat di jalan aja. Lalu saya buru-buru meralat, nanti salat duhur di masjid, mana boleh salat di jalan, seloroh saya sambil nyengir kuda. Oh ya, ini nggak ada hubungannya lho sama perdebatan kekinian soal salat Jumat di jalan, cuma guyonan dalam rangka menjaga kemesraan suami istri.
Well, saya juga jadi ingat guyonan lama soal "Salat itu tidak boleh di langgar" Masak sih tidak boleh salat di langgar? Seperti kita ketahui bersama, langgar adalah kata yang sama artinya dengan musala atau surau. Namun, langgar juga bisa berarti melawan atau menyalahi. Kalimat "salat itu tidak boleh di langgar" dalam bahasa lisan sama saja pengucapannya dengan "salat itu tidak boleh dilanggar." Kedua kalimat itu baru terlihat bedanya kalau ditulis. Penulisan di yang disambung atau dipisah dengan kata langgar membuatnya berbeda fungsi, bisa sebagai awalan atau bisa juga sebagai kata depan penunjuk tempat yang menyebabkan arti kedua kalimat tersebut berbeda.
Mencari masjid di Pekanbaru sangat mudah karena jumlahnya lumayan banyak. Beberapa kesempatan saya dan keluarga sedang jalan-jalan keliling kota dan mendapati masuk waktu shalat, suara azan selalu terdengar di mana-mana. Tinggal ikuti salah satu sumber suara azan yang terdekat dan voila, kami sudah menemukan masjid.
Selain mudah ditemukan karena jumlahnya banyak, masjid-masjid di Pekanbaru juga umumnya sangat terawat, bersih, nyaman dan sebagian besar menggunakan pendingin udara. Mungkin ada yang tanya, itu jumlah masjidnya mas, kalau jumlah jamaahnya?. Nah, kalau itu saya belum hitung benar-benar. Kalau saya perhatikan di beberapa masjid ada yang ramai ada yang sepi, tergantung waktu salatnya dan letak masjidnya juga. Tapi ya itu, saya berani bilang kalau sebagian besar masjid sepi terutama di waktu Isya dan Subuh. Kenapa sepi? Ya kemungkinan karena nggak ada kamu. Katanya sih, "Nggak ada loe nggak rame."

November 26, 2016

Comments

Popular posts from this blog

Karya Besar Vincent van Gogh

11 Lagu Wajib Anak Tongkrongan Depan Gang Tahun 90'an

Pearl Jam Vs Nirvana ?