Pendengaran, Penglihatan dan Hati

Al Mukminun 78, Al mulk 23, Assajdah 9, Al An'am 46, AnNahl 78, Al Isra 36, Al Ahqaf 26, Al Jathiyah 23, Al Baqarah 7
Jika kita masih punya waktu, bukalah beberapa ayat di atas. Bacalah dengan seksama, bacalah dengan perlahan-lahan, resapi artinya, selami maknanya.
Beberapa ayat di atas menyebutkan tiga anugerah yang Allah berikan kepada manusia. Pendengaran, penglihatan dan hati. Tiga anugerah yang jika digunakan dengan baik akan mengantarkan kita menuju kebahagaiaan yang hakiki.
Adakah tanda-tanda kekuasaan Allah yang lebih besar dari kalam Allah? Sungguh manusia telah diberi keistimewaan dengan dibacakan kepada mereka kalam Allah yang disampaikan oleh Jibril melalui lisan baginda Nabi. Tapi apakah semua benar-benar mendengarkan?
Al-Quran menceritakan beberapa reaksi dari manusia jika mereka dibacakan ayat-ayat Allah. Saya mencoba mencari dan yang saya dapatkan adalah bahwa sebagian besar manusia menganggap Ayat-ayat Allah hanya bualan dan dongeng belaka dan mereka ingkar karena kesombongan mereka. Manusia telah diberikan pendengaran namun kebanyakan mereka tidak mendengar.
Alam semesta yang luas yang dibentangkan bagi manusia, diciptakannya langit, bumi dan bintang gemintang, berdiri tegaknya gunung-gunung, mengalirnya sungai-sunga dan luasnya lautan tidakkah itu cukup sebagai tanda-tanda yang menampakkan kebesaran Allah?
Al-Quran telah menceritakan bagaimana umat-umat terdahulu telah meminta diperlihatkannya tanda-tanda kebesaran Allah dan padahal semua itu telah diperlihatkan kepada mereka. Mereka tidak menyadari bumi yang mereka berjalan diatasnya, langit yang mereka bernaung di bawahnya, tumbuh-tumbuhan yang mereka makan darinya adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan-Nya. Manusia telah dianugerahkan penglihatan tetapi kebanyakan mereka tidak melihat.
Allah telah menganugrahkan hati bagi manusia agar manusia dapat memahami ayat-ayat-Nya. Sesungguhnya tidak akan sampai kepada pemahaman itu kecuali orang-orang yang berfikir.
Pendengaran yang digunakan untuk mendengarkan ayat-ayat Allah, penglihatan yang digunakan untuk melihat tanda-tanda kekuasaan-Nya serta hati yang digunakan untuk memahami tanda-tanda kebesaran-Nya akan menggerakan seluruh anggota tubuh untuk mengerjakan amal shaleh.
"Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu): "Berimanlah kamu kepada Tuhanmu", maka kamipun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbakti."(Al-Quran, Ali Imran 193)

March 27, 2016

Comments

Popular posts from this blog

Karya Besar Vincent van Gogh

11 Lagu Wajib Anak Tongkrongan Depan Gang Tahun 90'an

Pearl Jam Vs Nirvana ?