Niat

Setiap kali hendak menuju ke boarding gate di Bandara Soetta, saya hampir selalu berhenti dan mampir ke sebuah toko buku yang terletak di persimpangan boarding gate domestik dan internasional. Setiap saya mampir dan melihat-lihat buku yang dipajang di sana, saya selalu berniat untuk membeli. Namun nyatanya, beberapa kali saya keluar toko buku tanpa membawa apa-apa alias cuman liat-liat doang. Saya jadi bertanya-tanya sebenarnya saya niat beli nggak sih?
Kemarin sore, sebelum menuju boarding gate F6, saya mampir lagi ke toko buku itu. Saya seperti biasa melihat-lihat buku-buku yang dipajang. Seperti biasa juga, saya selalu berniat untuk membeli. Saya lalu memilih sebuah judul buku yang cukup menarik, terlebih ada label yang menandakan bahwa buku tersebut mendapat potongan harga. Sebelum membayar, saya memutuskan untuk melihat buku-buku di rak sebelah yang judul-judulnya tidak kalah menarik. Ada sebuah buku yang menarik perhatian saya, sebabnya adalah buku itu dikarang oleh pengarang yang bukunya pernah saya baca dan saya sangat menyukainya. Saya mengembalikan buku dengan potongan harga tadi ke rak semula dan membawa buku dari rak sebelah tadi ke kasir dan membayarnya.
Secara bahasa, niat diartikan sebagai kehendak atau tujuan. Jadi secara bahasa niat saya untuk membeli buku walaupun tidak jadi sudah dicukupkan sebagai niat. Namun tidak begitu menurut syariat, Imam Nawawi mengatakan bahwa niat ialah meniatkan sesuatu diiringi dengan perbuatan. Jika seseorang berniat namun tidak segera mengerjakan maka itu disebut tekad atau keinginan saja.
Menurut imam Nawawi juga, niat dalam konteks syariat berfungsi untuk membedakan suatu kebiasaan dengan peribadatan dan membedakan tingkatan ibadah. Sebagai contoh, duduk-duduk di masjid adakalanya hanya bernilai sebagai istirahat pelepas lelah saja sedangkan jika diniatkan sebagai i'tikaf maka baru bisa bernilai ibadah. Contoh lainnya adalah shalat empat rakaat bisa jadi merupakan shalat Dzuhur bisa jadi hanya merupakan shalat sunah saja.
Begitu juga dengan kehidupan kita ini, karena seseorang akan mendapatkan sesuatu sesuai dengan apa yang diniatkannya, hendaklah segala amal baik yang kita lakukan dalam kehidupan ini diniatkan untuk beribadah dalam mencari keridhoan Allah SWT.

May 23, 2016

Comments

Popular posts from this blog

Karya Besar Vincent van Gogh

11 Lagu Wajib Anak Tongkrongan Depan Gang Tahun 90'an

Pearl Jam Vs Nirvana ?