Riyadusshalihin

Dulu banget, sekitar tahun 90-an awal, waktu itu saya masih SMP, sambil menunggu kiriman uang dari orang tua, saya kadang-kadang mengikuti kajian Riadhushalihin dari dalam kamar. Kitab ini dikaji sepekan sekali dalam pengajian umum pekanan. Pengajian umum pekanan itu begitu ramai karena dihadiri semua orang dari dalam kota maupun luar kota.
Sebenarnya, pengajian ini sudah saya hadiri sejak saya masih kecil bingit (sedari saya belum sd). Tiap Ahad, kakek-nenek buyut saya membawa saya naik becak menghadiri pengajian pekanan itu, sampai di sana saya akan disambut dengan hiruk pikuk pengunjung dan pedagang. Sesampainya di sana kakek buyut dan nenek buyut saya akan berpisah karena tempat pengajian dipisah bagi laki-laki dan perempuan. Peserta pengajian perempuan akan menempati aula dan peserta laki-laki di masjid (sebenarnya sih masih satu tempat karena nyambung). Mostly, saya akan dibawa oleh nenek buyut saya di bagian jamaah perempuan di aula, yang kemudian ketika saya sudah tinggal di sana, lebih sering memakai aula itu sebagai tempat tidur di waktu malam, karena kamar yang saya tempati sangat sempit.
Mengaji kitab waktu itu masih sangat ribet karena harus menulis satu persatu artinya di bawah setiap kata bahasa arab. Walaupun begitu, Riyadushalihin ini agak bersahabat karena ayat al-Quran dan Hadist yang ada di dalamnya memakai harakat, tidak seperti kitab-kitab kuning lain yang umumnya gundul. Sekarang, banyak sekali buku-buku yang dulu hanya banyak dikenal di pesantren-pesantren sudah diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia. Seharusnya ini menjadikan kita lebih mudah memahami dan menambah semangat untuk belajar. Namun, walaupun semua sudah begitu mudah, tantangan zaman sekarang sepertinya lebih berat, bahkan untuk sekedar membaca buku, terkadang kita harus mengais-ngais sisa-sisa waktu yang kita punya, yang entah habis buat apa. Semoga kita selalu dilindungi dari kerugian seperti yang Allah sebutkan dalam surat Al-'Ashr.

August 12, 2015

Comments

Popular posts from this blog

Karya Besar Vincent van Gogh

11 Lagu Wajib Anak Tongkrongan Depan Gang Tahun 90'an

Pearl Jam Vs Nirvana ?