While My Guitar Gently Weeps - George Harrison (Video Walking)

the Best of George Harrison
Ketika mengakhiri tulisan ini, saya sedang mendengarkan While My Guitar Gently Weeps versi album "the Beatles" (1968) lewat album the Best of George Harrison. Saya sengaja memutar lagu itu setelah sebelumnya menjelajahi Youtube dan tertuju pada satu lagu yang kemudian saya tonton dalam berbagai versi yang dibawakan baik oleh artisnya sendiri maupun beberapa cover. Beberapa video yang saya tonton diantaranya adalah:

1. George Harrison Rock n Roll Hall of Fame Induction 2004

Video pertama yang langsung jadi perhatian saya adalah video induksi George Harrison dalam Rock n Roll Hall of Fame tahun 2004. Disana ada Prince, Tom Petty, Steve Winwood, Jeff Lynne, dan tak ketinggalan Dhani Harrison. Tom Petty dan Jeff Lynne menyumbangkan vokal di lagu ini. Steve Winwood menyumbangkan solo gitar di awal-awal lagu sampai pertengahan. Namun, yang paling mengesankan adalah solo dahsyat nan membuat merinding Prince dari pertengahan lagu! Bikin gemes! 



Nah, sudah liat kan? gimana?

2. Concert for George 2003

Video kedua yang saya puter, sengaja dengan lagu yang sama adalah keroyokan musisi-musisi keren beken di event yang digagas Olivia Harrison, istri mendiang Goerge Harrison dan anaknya Dhani. Lengkap dengan Beatle yang lain Paul dan Ringo, dan Eric Clapton membawakan lagu ini dengan mulus. Yang bikin nganga juga adalah betapa lagu ini dibawakan dengan keroyokan yang dahsyat. Seperti biasa bagian melodi dari tengah lagu sampai akhir di lagu ini jadi bagian yang selalu bikin asyik, kalau tidak boleh dibilang bikin gemes dan geli. Lo bakal ngeliat dua gitar yang curhat di akhir lagu. Tonton aja biar nggak penasaran nih!


3. Santana feat India Arie on Vocal - Lopez Tonight on 9/22/2010

Kali ini While My Guitar Gently Weeps dibawakan oleh Santana dengan gaya gitarannya yang khas. Colongan-colongan isian gitar membuat lagu ini jadi gurih. Vocal India Arie mampu membuat lagu ini terdengar lebih fresh sekaligus soulful. Lagu yang keren dibawain sama mereka membuat lagu ini jadi luar biasa keren! Coba rasain sendiri!


4. Toto Live in Amsterdam 

Nah versi yang ini bikin kamu beneran mewek meraung-raung ngikutin raungan solo gitarnya si Steve Lukather. Hati lo bakal teriris-iris! Awalnya si manis banget, santai, pelan dan menghanyutkan, tapi begitu di tengah-tengah bagian melodi, drama itu dimulai. Kegusaran, kegalauan, dan tangisan hati yang berkecamuk tanpa malu-malu dimuntahkan oleh Steve. Ditambah backing vokal yang cuman "aaaaaaa".... berasa banget deh tangisannya. Saya terlalu lebay ya?



5. The Princes Trust Concert 1987

Versi ini dinyanyikan oleh George Harrisonsekaligus bermain gitar bersama Eric Clapton. Rombongan ini lumayan gawat juga: ada Jeff Lyne di gitar, Phil Collins pada drum, Ringo Starr pada drum, ada juga Elton John dan Jool Holland di piano. Karena dimainkan tahun 80-an. Agak ada bau-bau musik 80-an nya nih!


6. "The Concert For Bangladesh", New York, 1971

Selanjutnya adalah versi 70-an yaitu video George Harrison bareng Eric Clapton di konser The Concert For Bangladesh, New York, 1971. Versi yang sudah pasti ok punya. Seperti biasa di bagian melodi akhir lagu gitar George dan Clapton mulai ngobrol. Cekidot disini!





7. Versi album "The Beatles" by The Beatles tahun 1968

Ini adalah versi album studio the Beatles dengan nama album yang sama "the Beatles". Album ini juga biasa disebut White Album. Lagu ini tidak lain da tidak bukan ditulis oleh George Harrison. Khusus di lagu ini, solo gitar dimainkan oleh Eric Clapton seperti diminta oleh George yang kurang puas dengan hasil rekaman sebelumnya.



Comments

Popular posts from this blog

Karya Besar Vincent van Gogh

11 Lagu Wajib Anak Tongkrongan Depan Gang Tahun 90'an

Pearl Jam Vs Nirvana ?