Para Drummer yang Menjadikan Pearl Jam Mutiara : Matt Chamberlain

Pic: Matt Chamberlain www.istambulcymbals.com
Matt Chamberlain

Matt Camberlain lahir dan dibesarkan di San Pedro, California. Matt mulai bermain drum di usia sepuluh dan mempunyai drum kit sendiri di usia lima belas tahun. Matt banyak dipengaruhi latar musik lokal San Pedro dengan menonton konser-konser di the Dancing Waters Club, tempat manggung band-band seperti Blak Flag, Minutemen, dan Firehouse. Dia juga banyak mendengarkan permainan John Bonham, Ringo Starr, Stewart Copeland, Neil Peart, dan Terry Bozzio. Matt sempat mendapatkan beasiswa dan kuliah di North Texas State University tapi DO di pertengahan 80-an dan mulai bermain secara profesional di Dallas, texas.

Matt bergabung dengan Pearl Jam pada 4 Juli 1991 sebagai drummer Pearl Jam yang ke-dua menggantikan Dave Krusen. Masa kerja nya bareng Pearl Jam sangat singkat sekali, cuma sebulan lebih! dia keluar tanggal 15 Agustus 1991 karena bergabung dengan home band di acara Saturday Night Live.

Setelah Dave Krusen cabut, Pearl Jam mulai mencari drummer baru. Mereka bahkan pernah mencoba main dengan Brad Wilk-nya Rage Against The Machine pada saat mereka mixing album Ten di Surrey, Inggris, tapi sepertinya drum-druman si Brad terlalu berat buat Pearl Jam. You know lah, karena dia dari RATM, jadi kurang pas aja.

Sekembalinya dari mixing album mereka di Inggris, Dengan rekomendasi dari A&R eksekutif Epic Michael Goldstone, Pearl Jam mulai main di Seattle dengan Matt Chamberlain. Sebelumnya, Camberlain adalah drummer band Eddie Breckel & New Bohemians yang pada saat itu baru bubar.

Matt Chamberlain yang pada saat itu tinggal di Dallas langsung terbang ke Seattle. Matt punya waktu latihan seminggu untuk mengakrabkan diri dengan lagu-lagu Pearl Jam. Mereka latihan di sebuah basement di Belltown di sebelah Crocodile Cafe, Seattle. "Stone dan Jeff menjemputku di bandara, lalu kami mencari makanan dan langsung ke tempat latihan. Ada sebuah ruangan kecil di studio, seorang yang tampangnya berantakan keluar, ternyata itu adalah Eddie Vedder. Dia baru saja keracunan makanan malam sebelumnya jadi benar-benar berantakan. Aku langsung mempersiapkan drum yang sudah di kirim sebelumnya dan nge-jam dengan mereka selama seminggu," Ujar Matt."Mereka juga sempat mengajakku berkeliling ke tempat-tempat yang menarik di Seattle dan nongkrong bersama mereka." 

Setelah itu, Matt mengikuti Pearl Jam tour dengan menggunakan sebuah van butut yang sering mogok dari satu tempat ke tempat lainnya. Beberapa merupakan pertunjukan pertama mereka di tempat itu dan menjadi pembuka dari band-band seperti Motorhead dan Urge Overkill. "Di Chicago, tidak satupun orang yang mengenal siapa itu Pearl Jam. Setelah kita soundcheck, pintu masuk dibuka dan kita langsung main pertama sebelum band-band yang sudah mapan sebelumnya. Saya ingat saya mennton Urge Overkill; mereka main keren banget." Ujarnya. 

Pada tanggal 3 Agustus 1991, Matt Chamberlain ikut dalam syuting video Alive di RCKNDY, Seattle. Pada tanggal 15 Agustus 1991, Matt Chamberlain mantap memutuskan untuk tidak melanjutkan tour bersama Pearl Jam setelah sejak awal bulan Agustus mempertimbangkannya. Pada malam syuting video alive di RCKNDY, hadir juga drummer yang direkomendasikan olehnya untuk menggantikan posisinya di Pearl Jam, seorang teman dari Dallas bernama Dave Abbruzzese. Alive (Live) menjadi satu-satunya lagu yang direkam bersama Pearl Jam.


Matt Chamberlain berkata, "Perjanjiannya waktu itu adalah mereka menginginkan aku untuk bergabung dan melakukan tur untuk album Ten. Pada waktu itu aku baru saja kelar tur dan keluar dari sebuah band. Sebelumnya aku tidak mempunyai hubungan apa-apa dengan Pearl Jam. Aku disana hanya untuk membantu. Kenal saja tidak. Dan kemudian mereka memintaku untuk merubah semua dalam hidupku dan bergabung dengan band yang masih tur dengan van. Pada dasarnya aku tidak mempunyai ikatan baik personal maupun musikal dengan mereka. Jadi posisi saya bisa digantikan siapa saja. Kalau aku tahu band ini bakal menghasilkan jutaan dollar mungkin aku berfikir lain. Tapi aku rasa aku membuat keputusan yang tepat. Itu bukan jalanku. Mereka itu punya misi dan aku disana ada sekedar untuk membantu. Aku cuma seorang saksi."

Show terakhir Matt Chamberlain dengan Pearl Jam adalah pada 19 Agustus 1991 di RCKNDY untuk merayakan album Ten yang akan segera dirilis oleh Epic. Tidak lama kemudian Matt Chamberlain bergabung dengan Saturday Night Live untuk menjadi house band.

Chamberlain selanjutnya terlibat dalam berbagai macam proyek, baik solo album, band, session player, tour drummer. Beberapa artis yang tercatat pernah bekerjasama dengan Matt Chamberlain diantaranya adalah  Alanis Morissette, Peter Gabriel, The Wallflowers,Fiona Apple, Sam Phillips, Kanye West, Weapon of Choice, David Torn, Tori Amos, Chris Isaak, Macy Gray, Stevie Nicks, Dave Navarro, Kevin Max, Master Musicians of Jajouka, Stone Gossard, Martina McBride, Garbage, Elton John, Natalie Merchant, Anika Moa, David Bowie, Brad Mehldau, Keith Urban, Liz Phair, John Mayer, Finn Brothers, William Shatner, Jon Brion, Robbie Williams, Shakira, Morrissey, Indigo Girls, Sean Lennon, Sarah McLachlan, Sara Bareilles, Brandi Carlile,Dido, Lisa Marie Presley, Elvis Costello, Bruce Hornsby, and Regina Spektor dan lain-lain. 

Proyek solo, kolaborasi dan band Chamberlain diantaranya adalah Eddie Breckel and The Bohamians Band, (Matt Chamberlain (2005), Floratone (2005), Company 23 (2011), Floratone II (2012), Critters Buggin (various albums 1994-2009), Slow Music Project bersama Peter Buck, Frames bersama Brian Haas.

Kabar terbarunya, pada Maret 2014 sampai dengan Agustus 2014, Chamberlain menjadi drummer tour untuk Soundgarden dalam tour Amerika Selatan, Eropa dan Amerika Utara, menggantikan Matt Cameron yang sedang sibuk dengan band Pearl Jam.

Dave Krusen Dave Abbruzzese  Jack Irons Matt Cameron

*ditulis ulang dari berbagai macam sumber
- www.mattchamberlain.com
- http://en.wikipedia.org/wiki/Matt_Chamberlain
- Pearl Jam 20 book page 59-60
- http://www.crittersbuggin.com/

Comments

Popular posts from this blog

Karya Besar Vincent van Gogh

11 Lagu Wajib Anak Tongkrongan Depan Gang Tahun 90'an

Pearl Jam Vs Nirvana ?