11 Lagu Wajib Anak Tongkrongan Depan Gang Tahun 90'an


Bagi saya, yang menghabiskan masa remaja di tahun 90'an tidak banyak hal yang bisa ditonton di TV dan tidak begitu banyak juga gadget yang bisa dimainkan selain Sega dan Nintendo. Zaman itu internet belum begitu mudah di akses seperti sekarang dan sekolah pun jam 1 atau maksimal jam 2 siang sudah bubar. Beberapa alternatif kegiatan yang dilakukan adalah nge-band bersama teman-teman atau nongkrong di depan gang. Bagi yang terlalu takut mabuk-mabukan ataupun makan pil anjing akan memilih bermain gitar sebagai pelampiasan. 

Saya sangat bangga ketika baru bisa memainkan sedikit not dari lagu Don't Cry nya Guns 'N Roses, apalagi waktu menginjak chord terakhir yang membunyikan senar ke 5 sehingga nadanya adalah deng deng deng deng deng. Lagu yang dimainkan saya dulu ya itu-itu saja kadang hampir tiap hari.

Demi memori masa muda, saya mencoba mengingat beberapa lagu yang populer dimainkan di Gang-gang pada era 90'an itu.

1. Always Somewhere - Scorpions (Lovedrive, 1989)

Lagu ini biasanya cuman dimainin intronya aja, buat yang baru bisa gitar si udah keren lah, apalagi lagunya lagu barat. hahaha. Tapi album ini boleh dibilang semua orang di gang saya suka, dari yang tua sampai yang muda. 

2. Don't Cry - Guns 'N Roses (Use Your Illusion I, 1991)

Lagu ini muncul sebagai sisa-sisa warisan band tahun 80 an, Guns n Roses, merupakan track ke 4 dari album Use Your Illusion I. Bahkan lagu ini juga masuk dalam album Use Your Illution II dengan alternative lyrics di track ke 13. Saya pribadi lebih suka mendengarkan album Use Your Illusion II karena menurut saya lagunya lebih berwarna. Di album ini saya paling suka lagu Civil War yang dimulai dengan sebuah sample yang berbunyi "What we've got here is failure to communicate" dari film tahun 1967 yang berjudul Cool Hand Luke yang diucapkan oleh Strother Martin. Ok, kembali ke Don't Cry. Kunci yang mudah adalah alasan utama mengapa anak tongkrongan suka sekali memainkan lagu ini: Am - Dm - G - C, beberapa anak berhenti di bagian verse saja karena tidak mampu mencerna perpindahan ke reff, padahal koncinya gampang banget cuman F- G- Am doang. Dan saya berani bilang kalau anak tongkrongan itu nggak ada yang apal liriknya hahaha. Paling pas reff saja teriak Don't Yu Kraaai Tunaaaiiiiit dan di akhir lagu yang dipanjangin sepanjang-panjangnya.

3. Nothing Else Matter - Metallica (Metallica, 1991)

Lagu ini saya kira semua orang tahu, ada di album Metallica yang paling ngetop. katanya sih album black, karena sampulnya item, ada gambar ular gak gitu jelas berwarna abu-abu, kalo dari jauh ya keliatannya item aja. Padahal album ini sejatinya adalah Lagu keren yang selow walaupun Metal. Kalo gitaran lagu ini ya sama kayak lagu barat yang laen, cuman intronya doang, karena nggak apal liriknya. hahaha. Yang kedua adalah biar dikira anak metal. Sebenernye lagu yang paling ngetop lagi pas nge-band tapi, adalah Enter sandman, cuman kalo buat gitaran kopong si paling enak Nothing Else Matter, apalagi intronya deng, petik deh senar 6 sama tiga senar bawah, lepas aja nggak usah dipencet terus mulain deh melodian di intro. Sumpah, kalo lo bisa itu, itu dah metal banget.

4. Terlalu Manis/Mawar Merah - Slank (Kampungan, 1992)

Dulu banget, slank adalah salah satu band yang video klip nya sering muncul di TVRI. Yang saya ingat adalah video klip lagu kampungan yang lagunya menurut saya agak segan bagi saya untuk didengarkan bersama orang tua pada saat menonton bersama. Lagunya ngeroook banget dan berisik. "Memang, celanaku memang bolong, jangan menghina..." bla bla bla, terus apa hubungannya dengan lagu terlalu manis? Ya ada banget. Lagu itu yang mengenalkan kami pasa Slank. Nah, di album keduanya, Kampungan, banyak banget lagu-lagu Slank yang bisa buat gitaran. Salah satunya adalah Terlalu Manis. Bahkan, di album ini lagu ini muncul dua kali dalam versi yang berbeda, dengan part solo yang pendek dan yang panjang. Untuk kepentingan kemudahan gitaran biasanya kami memilih yang pendek. Lagu ini dipilih karena enak buat nyanyi dengan nada yang sedikit melow dan lirik yang cengeng.

Kalo mawar merah sih dipilih karena enak aja dan biasanya gitarannya satu paket sama teralu manis.

5. Kangen - dewa 19 (Dewa 19- 1992)

Lagu ini pastinya lagu menye-menye paling wajib buat anak tongkrongan di gang saya. Lagu ciptaan Ahmad Dhani ini, dari grup band paling wajib dulu zaman SMP: Dewa 19. Yang dengerin album ini anak gaul. Butuh skill yang lumayan tinggi buat mainin petikannya, cuma anak yang udah lama nongkrong aja yang bisa. Untuk diajarin sama seniormusti sedia rokok barang sebatang dua batang, kalo nggak nganga aja kita ngeliatin nya. Pas nyanyi, sudah pasti ini buat bikin cewek-cewek yang lewat depan gang pengen nimpuk karena tampang kita yang agak ngeden pas nyanyiin reff nya.


6. Creep - Radiohead (Pablo Honey - 1993)

Bener deh, lagu ini enak banget. Dan nilai plusnya lagi adalah : koncinya gampang banget. Empat doang G - Bm -C - Cm, cuman ini doang dari awal sampe akhir lagu, reff nya aja koncinya sama. Udah gitu bisa teriak-teriak lagi nyanyinya: I'm a kriiip, am e widooow. the best part nya adalah pas interlude nya she run... she... nah biasanya disitu nyanyinya suka nggak kuat tuh. Walaupun koncinya empat, sebenernya agak ribet juga maennya karena musti pake konci berdiri di gitar karena ada perpindahan dari C ke Cm nya. Lagu ini juga masih jadi andelan kalo gitaran sekarang.

7. Bawalah Aku  - Boomerang (Boomerang-1994)

Lagu ini dimaenin buat nunjukin kalo kita jago melodi di awal lagu.  Lagu ini juga enak buat dinyanyiin bareng-bareng. Biasanya kalo mau rame, maen gitarnya berdua, satu ngegenjreng, satu lagi melodi. Yang paling parah adalah ngulang permulaan lagu yang bisa berkali-kali karena nggak samaan mulainya hahaha.

8.What's Up? - 4 Non Blonde (Bigger, Better, Faster, More!- 1993)

Lagu ini cukup terkenal di Indonesia di era 90-an, sampai-sampai, sebuah grup parodi lokal mengcover lagu tersebut dengan lirik yang kocak. Lirik reff nya kira-kira begini: kan asik hey-hey hey hey hey hey asiknya, lampu neon. Dengan Konci gitar lagu ini hanya tiga A - Bm - D - A muter terus sampai akhir lagu dan sama di bagian lagu maupun reff-nya membuat lagu ini sangat mudah untuk dijadikan lagu gitaran. Namun, lagi-lagi kendala lirik membuat lagu ini ramai hanya pas di reff saja. Maklum saja, pada saat itu belum musim HP ataupun tab/pad untuk browsing lirik lagu kunci gitar sekalian. 

9. The Man Who Sold The World - Nirvana (Unplugged at MTV - 1994)

Di kampung, saya nggak tau yang namanya Nirvana sebelum album MTV unplugged ini, bahkan sebelumnya saya nggak tahu album Nevermind. Smell like Teen Spirit aja saya nggak tahu. Setelah ada unplugged baru tuh minjem-minjem kaset temen. Unplugged yang begitu ngetop ditambah parabola yang bisa nangkep siaran MTV bikin saya tambah sering maen ke rumah teman. Kaset unplugged aja saya pinjam. Lagu The Man Who Sold The World sebenernya adalah lagu coveran David Bowie, cuman karena bawainnya bagus banget. Mungkin anak 90-an lebih kenal lagu ini sebagai lagunya Nirvana. Lagu yang ada melodian di awal teteteteng teretet teteteteng jgreng.. ini selalu main dimainkan berdua juga.

10. When I Come Around - Greenday (Dookie-1994)

Album Dookie adalah album punk paling booming waktu itu. Untuk ngeband, lagu standard-nya adalah Basket Case, dengan tempo yang cepat dan sesingkat singkatnya sangat menguras energi ketika bermain di studio sewaan terutama pemain drum-nya. Sedangkan When I Come Around bertempo lebih pen, tapi emang lebih enak buat gitaran sambil nongkrong. Lagu ini juga kalau gitaran pake kunci berdiri nih. Tinggal geser-geser doang.

11. Janji - Gigi  - (Dunia- 1995)

Gaya Armand yang belingsatan dan musik yang ceria membuat remaja tahun segitu hampir semuanya suka dengan lagu ini. Buat anak tongkrongan gang saya, lagu janji ini merupakan lagu tentang impian masa remaja digabungkan dengan keoptimisan dan keinginan untuk maju. yeah. Reff nya gampang banget, cuma dua konci G sama Em doang... iye ye ye ye ye ye ye uwo wo wo wo wo wo wo yang merupakan intro lagu dengan konci yang sama dengan reff pasti dinyanyiin bareng-bareng.


Nah itu dia 11 lagu yang biasanya dibawakan untuk gitaran bersama teman-teman nongkrong di depan gang  di tahun 90-an yang bisa saya ingat. Kamu mungkin punya lagu lain yang biasa kamu nanyikan saat nongkrong ataupun kumpul-kumpul. Lain gang bisa jadi lain lagi playlistnya lho.  :)

Comments

Popular posts from this blog

Karya Besar Vincent van Gogh

Pearl Jam Vs Nirvana ?