Mike si Tukang Mabok


Lain di panggung lain di belakang, gaya mike yang kalem kalo ngegitar dengan melodi yang bikin orang nganga nggak sama kerennya dengan kecanduannya pada alkohol. Perhatian media yang terpusat kepada Eddie di era Vs membuat apa yang terjadi pada personel Pearl Jam lainnya luput dari pemberitaan, seperti juga pergulatan Mike dengan alkohol.

Gitaris PJ ini udah lama berjuang untuk lepas dari ketergantungannya sama alkohol sejak tur yang pertama. Mike itu kalem kalo mabok, cenderung jadi melow kalo dia minum. Tapi kadang-kadang nggak kekontrol dan nggak bisa diprediksi, kadang juga bikin masalah dan bikin malu sampe nyusahin temen-temen band nya.
Di satu kesempatan di pesta untuk Metallica di New York, Kelly Curtis lagi asyik ngumpul dan ngobrol sama lawyer nya Metallica dan beberapa orang-orang penting lainnya ngomongin bisnis. Mike tiba-tiba nyamperin dia dalam keadaan sedikit oleng.

"Aku cinta kamu broo" mike bilang ke Curtis sambil nagrup badannya sekuat tenaga dan nyium bibirnya sebelum mundur dan nyenggol minuman manajer Metallica. yang lain yang udah ngenalin tanda-tanda kekacauan ngegiring Mike keluar tempat pesta. Sebelumnya, dia udah ngelempar botol ke tembok yang nyebabin suara yang kenceng dan bikin orang2 berhamburan kemana-mana.

Suatu saat jalan ke Dublin bareng Neil Young setelah konser PJ dengan U2 di Italy, Mike ngelakuin sesuatu yang parah banget, yang pasti diinget terus ama fans yang saat itu ada disana nunggu di lobby buat mintain tanda tangan. Ceritanye, Dave baru aja balik ke hotel dari makan, saat itu dua orang ABG nyamperin Dave buat minta tanda tangan. Setelah Dave ngasih tandatangan, mereka nanyain Mike, karena cuman tanda tangan Mike aja yang belon dapet. Dave fikir Mike diatas lagi santai-santai (Mike biasanya buat ngehindarin minum dia nggak ikut keluar sama yang lain). Dave bilang ke fans kalo Mike "mungkin di atas lagi istirahat". Nggak lama dia bilang itu ke ABG yang minta tanda tangan tadi, sepasang laki-laki dan perempuan muncul dan Mike nongol diantara mereka, ngeliat Dave mike girang banget.

"Ockus!" Mike teriak ke Dave, dan semuanya jadi kacau.

"Dia lari ke gw, langsung melorotin celananya dan nubruk gw dan dua cewek yang minta tanda tangan tadi" kata Dave."Dia maju mundurin pinggulnya ke gw dan teriak 'Gw mau ng#$%t si Ockus!' Gw pengang si Mike dan benerin celananya, gw pegang tali pinggangnya dan tarik sekenceng-kencengnya sekuat tenaga gw dan nenangin dia. Sekalinya gw lepas si Mike, dia mulai lari ke jalan dan teriak2 kek orang gila.
Nggak berapa lama, beberapa kru dateng ke jalan dan Dave minta mereka buat ngawasin Mike. Lalu Dave cepet2 pergi ke atas manggil Eric Johnson, dengan terengah2 dia sampe ke kamernya Eric.

"Ada apaan nih?" Johnson nanya ke Dave.

"Liat tuh" Kata Dave nunjuk ke luar jendela.

Johnson ngacir ke jendela dan ngeliat keluar jendela. Kru yang dibawah ngumpul di pojok dan ngakak liat kelakuan Mike. Mike nggak jauh dari mereka lari2 muter2 dengan celana yang melorot sampe dengkul. 
"Kita cepet2 lari kebawah dan nagkep Mike" kata Dave. "Lalu tugas gw bawa dia balik ke kamer hotel dan ngisep ganja sama dia dampe dia pingsan. Pokoke ngisep ganja ama dia ampe dia teler, dengan begitu kita yakin dia baik2 aja, yakin kalo dia nggak bakal tidur dan muntah2. Sekalinya dia pingsan, berarti dia bakal pingsan semaleman dan dia pasti baik-baik aja.

Udah banyak usaha yang dilakuin member band yang lain buat ngomong sama Mike kalau mereka kuatir sama dia. "Kita udah banyak banget bikin meeting dan bilang 'Hey Mike lo dah bener-bener kacau' kata Mike di tahun 1995. Menurut Dave, ada juga beberapa miting yang ngebahas Mike ketika Mike nggak ada, dan sempet juga kepikiran buat mecat Mike. "Mereka duduk dan ngomongin tentang 'Kita pecat si Mike apa kita tunggu, apa gimana?' kata Dave " lalu seseorang bakal minggir dan ngomong sama Mike. Biasanya Gw atau Stone. Abis itu, Mike bakal berhenti minum buat beberapa minggu, tapi kemudian ada aja alesannya yang bisa bikin dia mabok lagi. 

Kemudian Mike ngomong pada suatu kesempatan, kalo kebiasaan minumnya itu adalah cara dia buat ngelepas tekanan baik dari luar maupub dari dalem, "Gw nggak cukup PD" kata Mike " Gw bener-bener takut sama semua orang, gw pada waktu itu nggak tahu cara menghadapi Eddie, dan ketika band ini bener2 berhasil, gw malah ngilang ke dunia gw sendiri. ... ketika ben ini meledak, semuanya jadi gila. Sebenernya Jeff dan Stone punya cara bagus untuk bertahan, dan gw pikir Eddie juga. Intinya semuanya punya cara masing2 buat ngadepin itu. Dan bagi gw satu-satunya cara buat ngadepin itu yang dengan mabok."

Kurang lebih setahun sebelum Mike sadar kalo dia nggak bisa lepas dari kecanduannya itu tanpa pertolongan professional dan musti masuk rehab. Jadi dia masuk rehab bukan karena diultimatum sama temen-temennya tapi atas inisiatifnya sendiri. "Gw pikir mereka pasti ngira kalo gw pasti bakal mati" kata Mike kemudian "Tapi mereka nggak pernah ngambil keputusan buat nendang gw keluar band, yang gw sendiri nggak bisa percaya karena gw selalu bikin kacau di banyak kesempatan"

Keliatannya sih emang Mike nggak dipecat karena member yang lain kasihan dan pada peduli sama dia. Mereka mungkin nggak mau nambahin problem yang Mike hadapin saat itu.

Tapi suatu hal juga yang bisa jadi alesan kenapa Mike nggak dipecat: mereka butuh sama Mike. Gaya Mike yang unik adalah elemen yang penting banget buat musik Pearl Jam. Mike itu boleh dibilang penjaga jiwa blues nya PJ yang nggak bisa digantiin siapapun. Melodinya yang ngiringin ritem Stone jadi satu ciri yang sama pentingnya dengan vokal Eddie yang gampang dikenali. Tanpa Mike, musik PJ bakal hampa dan nggak asik lagi. Mecat Mike jelas bukan suatu pilihan. Satu-satunya cara adalah ngawasin terus si Mike supaya bisa ngatasin kecanduannya sebelum semuanya terlambat.

(Diterjemahkan secara brutal dari buku Five Against One, The Pearl Jam story 256-259)




    

Comments

  1. Ebook Si Tukang Tidur memang jempolan untuk yang ingin sukses berbisnis online, yuksz download dan belajar secepatnya.

    ReplyDelete
  2. Ebook Si Tukang Tidur memang jempolan untuk yang ingin sukses berbisnis online, yuksz download dan belajar secepatnya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Karya Besar Vincent van Gogh

11 Lagu Wajib Anak Tongkrongan Depan Gang Tahun 90'an

Pearl Jam Vs Nirvana ?